Bagaimana Rasanya Tinggal di Apartemen 20,4 Meter Persegi?

Written By prayudi syamsa on Sabtu, 24 November 2012 | 09.37

KOMPAS.com - San Fransisco sebentar lagi akan menjadi "rumah" untuk apartemen tersempit di Amerika Serikat. Pasalnya, di sana akan tersedia apartemen berbentuk studio yang mampu menampung dua orang.

Sebenarnya kami sudah punya banyak unit mikro di San Francisco. Kami menyebutnya dengan berbagi ruangan. Langkah ini membantu mereka yang ingin tinggal sendiri dengan harga sewa lebih murah.

-- Scott Wiener

Pada Selasa (20/11/2012) yang lalu, dewan supervisi di San Francisco telah menyetujui dan mengesahkan peraturan yang mengijinkan pembangunan lebih dari 375 unit apartemen mikro seluas 20,4 meter persegi. Betapa sempitnya apartemen ini, bahkan ruang tamu apartemen ini hanya berukuran 3 m x 4,5 m.

Sebelumnya, ukuran tersebut adalah ukuran minimun untuk ruang tamu setiap apartemen di San Francisco. Beberapa pihak, termasuk para pembuat undang-undang sendiri mengatakan, mereka khawatir atas pemberian izin pembangunan apartemen berukuran sangat kecil itu.

Keputusan tersebut dinilai dapat memperparah kondisi penyediaan tempat tinggal di San Francisco. Ketersediaan hunian terjangkau akan semakin menipis karena harga sewa apartemen berukuran "normal" akan melambung tinggi.

Apartemen mungil ini rencananya dapat disewa dengan harga lebih dari 1.300 dolar AS atau sekitar Rp 12,5 juta setiap bulannya. Sementara untuk apartemen berukuran "normal", harga sewanya berkisar 2.000 dolar AS.

"Walaupun mereka telah memaksimalkan penggunaan ruang, Anda tetap tengah berbicara mengenai ruang berukuran sangat kecil namun berharga sangat mahal," kata seorang pengawas, David Campos.

"Jika tempat-tempat berukuran 200 kaki persegi mencapai harga 1.500 (dolar AS), apa yang akan terjadi dengan harga sewa di seluruh San Francisco?," tambahnya.

Terkait hal itu, anggota dewan melakukan pemungutan suara. Hasilnya, 10-1 menyatakan pembangunan apartemen mikro tersebut dapat dilakukan walaupun hanya bersifat ujicoba. Dinas tata kota San Francisco harus mengevaluasi tingkat efisiensi dan dampaknya pada pembangunan unit apartemen yang lebih besar.

Namun, pemungutan suara tersebut baru tahap awal. Hal ini akan kembali menjadi topik perbincangan dalam dua minggu ke depan.

"Sebenarnya kami sudah punya banyak unit mikro di San Francisco. Kami menyebutnya dengan berbagi ruangan. Langkah ini membantu mereka yang ingin tinggal sendiri dengan harga sewa lebih murah daripada harus menyewa apartemen dengan satu kamar," ujar Scott Wiener, salah satu pengawas yang mendukung ide ini.

Baca juga:

Basuki: Kerja Sama, Bukan Kongkalikong!


Anda sedang membaca artikel tentang

Bagaimana Rasanya Tinggal di Apartemen 20,4 Meter Persegi?

Dengan url

http://propertielit.blogspot.com/2012/11/bagaimana-rasanya-tinggal-di-apartemen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bagaimana Rasanya Tinggal di Apartemen 20,4 Meter Persegi?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bagaimana Rasanya Tinggal di Apartemen 20,4 Meter Persegi?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger