Mengintip Potensi Peremajaan Segitiga Senen

Written By Unknown on Selasa, 20 November 2012 | 09.37

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat properti Ali Tranghanda menilai kawasan bisnis segitiga Senen potensial bagi perkantoran dan pusat belanja terintegrasi. Apalagi, kawasan ini merupakan salah satu kawasan yang akan diremajakan Pemprov DKI Jakarta.

"Lokasinya strategis karena berdekatan dengan pusat pertumbuhan yakni kawasan bisnis Jakarta dan kawasan Kelapa Gading," kata Ali di Jakarta, Senin (19/11/2012).

Hanya, Ali berharap, peremajaan itu dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan berlangsung simultan.

Hal senada juga dikemukakan, Nirwono Yoga, pemerhati tata ruang perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta. Dia mengatakan, sesuai dengan tata ruang DKI Jakarta, kawasan segitiga Senen akan dibangun berbasis transportasi (transport oriented development/TOD). Pembangunan di kawasan ini nantinya berlandaskan kepada sistem transportasi dan infrastruktur yang sudah ada dan tinggal dikembangkan.

"Saat ini sudah terdapat stasiun kereta api, terminal bus, jalur bus Trans Jakarta, serta masuk dalam koridor MRT. Maka, semua potensi ini akan menjadi tulang punggung pembenahan segitiga Senen," kata Yoga.

Ia menambahkan, peremajaan kawasan Senen akan melibatkan pihak swasta (pengembang), PD Pasar Jaya, dan PT Kereta Api serta Pemprov DKI Jakarta. Sesuai rencana umum tata ruang sampai 2030, akan ada tiga blok ang di kawasan ini yang akan dikembangkan, yakni Atrium Senen, Pasar Senen, terminal bus, dan stasiun kereta api sebagai menjadi kawasan terpadu.

Selain akan disiapkan gedung pusat kesenian dan pertemuan yang memungkinkan masyarakat beraktivitas, kawasan ini nantinya dirancang agar mudah diakses. Dengan demikian, kata Yoga, masyarakat tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor untuk menuju lokasi, tetapi di dalam kawasan itu akan disediakan jalur sepeda dan jalur pejalan kaki.

"Kawasan itu nantinya juga dilengkapi dengan apartemen menengah, hotel, serta pasar modern melengkapi hotel dan apartemen yang sudah ada," jelas Yoga.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengintip Potensi Peremajaan Segitiga Senen

Dengan url

http://propertielit.blogspot.com/2012/11/mengintip-potensi-peremajaan-segitiga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengintip Potensi Peremajaan Segitiga Senen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengintip Potensi Peremajaan Segitiga Senen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger