Pertumbuhan Properti Indonesia Dibiarkan "Manut" Pada Mekanisme Pasar

Written By Unknown on Kamis, 18 Juli 2013 | 09.37

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut Head of Research Jones Lang LaSalle, Anton Sitorus, laju pertumbuhan akan sedikit melambat. Namun, hal itu tidak akan sampai mempengaruhi pasar properti secara signifikan.

"Upaya BI ini sebetulnya positif dan berpotensi mengendalikan laju pertumbuhan properti supaya tidak kebablasan. Selama ini BI dan Kemenpera belum secara spesifik melakukan intervensi langsung kepada pasar. Properti di Indonesia masih diserahkan kepada mekanisme pasar," jelas Anton kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Berbeda halnya dengan Pemerintah Singapura yang melakukan intervensi tak sebatas mengenai pembiayaan, namun juga pada hal-hal mendasar lainnya, seperti pembatasan pembelian, pengenaan pajak progresif, regulasi pembiayaan hingga pengendalian pembangunan. Hal serupa juga mulai diterapkan oleh China.

"Pemicu kenaikan harga sebetulnya adalah masalah lahan. Ini sangat berpengaruh terhadap harga properti. Seharusnya, pemerintah mengontrol lahan (ketersediaan dan harga) agar pertumbuhan harga properti bisa ditekan dan potensi gelembung dapat dicegah," imbuh Anton.

Pemerintah Singapura menguasai lahan dalam arti punya ownership yang dikuatkan secara legal. Jika ada investor yang tertarik membangun properti di sebuah kawasan, mereka harus melalui mekanisme lelang.

Pemerintahlah, tambah Anton, yang menentukan parameter pembangunan, segmennya seperti apa dan lain-lain, termasuk di dalamnya mengenai rusun yang dikembangkan Housing Development Board (HDB).

"Pemerintahnya melakukan seperti itu, terjun mengendalikan pembangunan properti," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertumbuhan Properti Indonesia Dibiarkan "Manut" Pada Mekanisme Pasar

Dengan url

http://propertielit.blogspot.com/2013/07/pertumbuhan-properti-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertumbuhan Properti Indonesia Dibiarkan "Manut" Pada Mekanisme Pasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertumbuhan Properti Indonesia Dibiarkan "Manut" Pada Mekanisme Pasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger